Pengertian Customer Relationship Management (CRM)
Ada beberapa
pengertian tentang Customer Relationship Management (CRM) yaitu :
a.
Customer
Relationship Management adalah sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga
pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk
interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil
pembicaraan dengan staf dan marketing.
b.
Customer
Relationship Management adalah sebuah istilah industri TI untuk metodologi,
strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web lainnya
yang mampu membantu sebuah perusahaan (enterprise, kalau bear ukuranny) untuk
mengolah hubungannya dengan para pelanggan.
c.
Customer
Relationship Management adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari satu
perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola
hubungan dengan para pelanggan.
TUJUAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
- Secara garis besar tujuan CRM adalah sebagai berikut :
- Mengenali dan menganalisa relasi.
- Mengenali dan menganalisa pasar.
- Mengenali dan menganalisa produk keluaran.
FUNGSI – FUNGSI DALAM
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Ada beberapa fungsi
dalam CRM yaitu :
- Mengidentifikasi aktor-aktor yang penting bagi pelanggan.
- Mengusung falsafah customer-oriented
- Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
- Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan.
- Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna.
- Menangani keluhan / komplain pelanggan.
- Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan.
Mengimplementasikan
CRM
Customer relationship management adalah strategi tingkat
korporasi, yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan
pelanggan. Beberapa paket perangkat lunak telah tersedia dengan pendekatan yang
berbeda-beda terhadap CRM. Bagaimanapun, CRM bukanlah teknologi itu sendiri,
tapi ia adalah pendekatan holistik terhadap falsafah organisasi, yang
menekankan hubungan yang erat dengan pelanggan. CRM mengurus filosofi
organisasi pada semua tingkatan, termasuk kebijakan dan proses, customer
service, pelatihan pegawai, pemasaran, dana manajemen sistem dan informasi.
Sistem CRM mengintegrasikan pemasaran, penjualan, dan customer service dari
ujung ke ujung.
Permasalahan
Implementasi CRM
·
Naiknya pendapatan, kepuasan konsumen, dan lebih
sedikitnya biaya operasi adalah beberapa keuntungan dari teknologi pada sebuah
perusahaan. Namun implementasi akan turun drastis jika salah satu dari aspek
ini diabaikan:
·
Perencanaan: Langkah awal akan bisa dengan mudah
gagal jika usaha untuk memilih dan meluncurkan perangkat lunak tidak maksimal.
·
Integrasi: Integrasi dengan kebutuhan konsumen
akan memenuhi kebutuhan yang amat penting, yaitu peningkatan proses menyangkut
klien/konsumen. Perusahaan yang memberi sedikit atau tidak ada integrasi sama
sekali dengan konsumen, akan membuat kepuasan konsumen menurun secara drastis.
·
Pemecahan Masalah: menyingkirkan metode
pemecahan masalah yang dipusatkan pada satu pihak. Para ahli menyarakan
perusahaan2 agar meningkatkan integrasi dengan konsumen. Metode pemecahan
masalah yang bersifat sentralis harus dibuang demi berbagi informasi tentang
pemasaran, penjualan, dan servis.
CARA MEMBUAT CUSTOMER
RELATIONSHIP MANAGEMENT SUPAYA BERHASIL
a.
Perancangan bisnis yang matang
b.
Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari CRM
menurut strategi yang ditetapkan
c.
Menentukan batasan-batasan dari CRM menurut
strategi yang sudah ditetapkan
d.
Menentukan parameter dan standar pengukuran
keberhasilan penerapan CRM
e.
Menentukan stsndar aturan penanganan strategi
berdasarkan informasi dari system CRM seperti perubahan, perbaikan, dan
pemantapan strategi.
Dalam merencanakan system CRM ada beberapa hal yang harus
diperhatikan yaitu :
Saran yang ingin dicapai bersifat jangka panjang, Sesuai
dengan yang telah ditentukan perusahaan, Hasil yang dicapai dapat menjadi sasaran
kunci bagi bisnis perusahaan, Penerapan CRM dapat mengurangi biaya perusahaan
secara keseluruhan, Nilai resiko akibat penerapan CRM.
Adapun kendala kendala pada customer relationship management
adalah sebagai berikut :
Pada aplikasi TI, terbuangnyafeature atau
kelebihan-kelebihan yang ditawarkan TI dengan percuma, Pelanggan tetap
mengeluh, Hubungan dengan pelanggan tetap transaksional, Tidak ada peningkatan
efisiensi, Staf sales dan marketing masih saling menyembunyikan data,
Keuntungan perusahaan masih stagnan.
Berikut adalah contoh gambar dari customer relationship
management :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar